PEKALONGAN – RSU Budi Rahayu Pekalongan mensosialisasikan MRI (Magnetic Resonance  Imaging)  jenis 1,5 Tesla  kepada mitra rumah sakit dalam simposium yang bertema “Peranan Pemeriksaan MRI dalam Membantu Diagnosa Penyakit-Penyakit Muskuloskeletal, Tulang Belakang, Mendula Spinalis dan Intracranial”, di Pekalongan, Sabtu (06/4).

Direktur RSU Budi Rahayu, dr. Fransika T. Sutedja, MH, kepada media mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien, RSU Budi Rahayu telah menyediakan fasilitas MRI. “kami sudah mempunyai MRI jenis 1,5 Tesla,” ungkapnya.

Untuk menunjang diagnosis dokter agar mendapat gambaran yang jelas dan lebih detail terhadap penyakit pasien, demikian dikatakan, sekarang tidak perlu lagi merujuk pasien ke rumah sakit lain.  “selama ini pasien banyak dikirim ke Semarang, ke rumah sakit yang memiliki MRI. Sakarang tidak perlu lagi. Budi Rahayu telah menyediakan fasilitas pemeriksaan MRI,” tandasnya.

Sementara itu, dr. HP Winanta Rochiandani Sp.Rad, dokter yang bertanggungjawab di Radiologi RSU Budi Rahayu mengatakan bahwa  dengan alat MRI ini, pemeriksaan radiologi bisa dilakukan dengan lebih detail, karena alat ini mampu memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain, seperti X-ray atau CT scan. Alat ini sendiri dapat melakukan pencitraan resonansi magnetik melalui pemindaian yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh.

sejak Februari 2019 kami sudah mulai melayani pemeriksaan pasien menggunakan MRI. “Pada bulan Februari Pasien MRI sudah ada 18 orang. Mudah-mudahan kami dapat terus melayani dengan baik,” jelasnya menambahkan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Alat medis MRI jenis 1,5 Tesla ini dapat melakukan berbagai pemeriksaan, seperti brain (otak), spine (tulang belakang), breast (payudara), mastoid (bagian pada telinga), dan bagian tubuh lainnya.

Mikroskop Vario 700.

Selain MRI, demikian dr Fransiska, RSU Budi Rahayu juga telah melengkapi Instalasi Bedah Saraf dengan Mikroskop Vario 700. Mikroskop ini digunakan untuk operasi bedah saraf yang memerlukan akurasi tinggi. Alat ini dilengkapi dengan teknologi yang sangat tinggi, sehingga akan mempermudah operasi bedah saraf.

“Alat ini dapat digunakan antara lain untuk operasi tumor otak, kelainan pembuluh darah di otak, tumor tulang belakang, kelainan pembuluh darah tulang belakang,” demikian dikatakan.

 

TB-RO

Dalam mendukung program pemerintah Menuju Indonesia Bebas TBC, RSU Budi Rahayu berkomitmen dengan membuka Klinik Tuberkulosis Resisten Obat (TB-RO). Untuk menunjang kegiatan tersebut pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah telah memberikan bantuan berupa alat kesehatan yakni Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Kami bersyukur telah dipercaya oleh pemerintah sebagai satu-satunya rumah sakit swasta di Pekalongan yang mendapat bantuan alat TCM tersebut,” kata Direktur RSU Budi Rahayu.

Simposium

Simposium yang digelar di Pekalongan dalam rangka sosialisasi alat kesehatan MRI tersebut menghadirkan 3 (tiga) narasumber yakni dr.Pamungkas Tunggul N, Mmed.PH dari Medikolegal IDI Pekalongan yang menyampaikan paparan dengan tema Etika Iklan dalam Praktek Kedokteran; dr.Jacob Pandelaki, Sp.Rad (K), Kepala Bagian Intervensi RSCM Jakarta yang menyampaikan dua tema yakni Indikasi MRI dan Perbedaannya dengan CT-Scan dalam Praktek Sehari-hari dan Manfaat MRI dalam Bidang Moskuloskeletal; dan dr Bair Ginting, Sp.Bs, dokter Spesialis Bedah Saraf RSU Budi Rahayu Pekalongan yang memaparkan tema Penatalaksanaan Kelainan Tulang Belakang, Medula Spinalis dan Intracranial. (*)

dr.Pamungkas Tunggul N, Mmed.PH
dr.Jacob Pandelaki, Sp.Rad (K)
dr Bair Ginting, Sp.Bs

4 Thoughts to “RSU BUDI RAHAYU PEKALONGAN: SEDIAKAN MRI UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN”

  1. Susilawati

    Apakah pemeriksaan mri bisa di lakukan atau aman untuk bayi usia 7 bulan

    1. Terkait masalah pemeriksaan MRI untuk bayi usia 7 Bulan bisa saja di lakukan nanti akan di beri anestesi di karenakan durasi pemeriksaan kurang lebih 1 jam.untuk informasi lebih jelas bisa datang ke RSU Budi Rahayu Klinik Radiologi Terima kasih

  2. Desi wijiati

    Berapa biaya untuk MRI

    1. Untuk Biaya MRI tergantung dari jenis pemeriksaan yang akan dilakukan. Untuk Info lebih lanjut bisa ke RSU Budi Rahayu Pekalongan di Bagian Radiologi. Terima Kasih.

Leave a Comment